Senin, 28 Januari 2013


Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer


Kali ini saya akan membahas Materi TKJ ( Tehnik Komputer dan Jaringan) Smk dengan tema " Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer ". Di sini akan saya jelaskan mengenai Pengertian Protokol Jaringan dan juga Macam/Jenis Protokol Jaringan Komputer. Materi ini saya ambil dari modul yang saya pelajari di bangku Sekolah. Yukk Simak bareng-bareng materinya...
Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer
Protokol 
Protokol adalah aturan-aturan main yang mnegatur komunikasi di antara beberapa Komputer di dalam sebuah Jaringan, atura itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara metode mnegakses  sebuah jaringan, Topologi Fisik, Tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
Protokol- protokol yang di kenal adalah sebagai berikut:
A. Ethernet

Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer
Protoko Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak di gunakan. Ethernet mengunakan metode akses yang di sebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Acces/Collision Detection).
Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktivitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada tranmisi lain di dalam kabel, komputer akan menungu dan akan mencoba kembali tranmisi jika jaringan telah besih. Kadang kala dua buah kopmputer melakukan tranmisi dan akan menungu kesempatab secara acak untuk mentranmisikan data kembali. Metode ini di kenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan Tranmisi dari Network.
Protokol Ethernet dapat di gunakan untuk model jarngan Garis Lurus, Bintang, atau Pohon. Data dapat di tranmisikan melewati kabel Twisted Pair, Coaksial, ataupun Kabel Fiber Optik pada kecepatan 10 Mbps.
B. LocalTalk
Local Talk adalah sebuah protokol network yang di kembangkan oleh Apple Komputer, Inc, untuk mesin-mesin komputer Macintosh.
Metode yang di gunakan oleh Local Talk adalah CDMA/CA (Carrier Sense Multiple Acces With Cilision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD. Adapter Local Talk dan Cable Twisted Pair khusus yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati Port Serial.
Sistem Operasi Machintos memungkinkan koneksi secara Jaringan Peer To Peer tanpa membutuhkan tambahan Aplikasi khusus. Protokol Local Talk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus, Bintang, ataupun Model Pohon dengan mengunakan kabel Twisted Pair.
Kekuranganyang paling mencolok yaitu Kecepatan Tranmisinya, kecepatan tranmisisnya hanya 230 Kbps.
 C. Token Ring

Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer

Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode akesenya melalui sebuah token dalam sebuah laingkaran seperti Cincin.
Dalam lingkaran token, komputer-komputer di hubungkan satu dengan yang lainnua seperti sebuah Cincin.  Sebuah sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (Cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer menuju ke komputer berikutnyam, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data ayng inggin di tranmisikan , token akan mengangutnya ke tempat dimana data itu inggin di tujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.
Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan mengunakan kabel Twisted Pair atau Kabel Fiber Optik. Kebal fiber Optik dapat melakukan kecepatan tranmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Selain dengan perkembangan Ethernet, pengunaan token ring makin berkurang sampai sekarang.
D. FDDI
 Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah protokol Jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan pada jarak yang jauh.  Metode Akses yang yang di gunakan oleh FDDI adalah Model Token. FDDI mengunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses tranmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah di temukan akan secara otomatis mengunakan ring yang ke dua.
Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan mengunakan Fiber Optik cable pada kecepatan 100 Mbps.
E. ATM 
ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM),yaitu sebuah protokol jaringan yang mentanmisikan pada kecaptan 155 Mbps atau lebih.
Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer
ATM Mentranmisikan dat kedalam satu paket dimana pada Protokol yang lain mentransfer pada besar kecilnya paket. ATM mendukung Variasi media Seperti Video, CD-audio, dan Gambar. ATM bekerja pada model Jaringan Topologi Bintang (Star), dengan mengunakan kebel FIber Optik ataupun Kabel UTP (Twisted Pair). ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN, dia juga banyak di pakai oleh Internet Service Provider (ISP) untuk menigkatkan kecepatan akses internet untuk Client Mereka.
Demikian apa yang bisa saya bagikan Tentang " Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer  Kurang Lebihnya Saya Mohon Maaf. Terimakasih 
By Ariflaw Blog ----- Semoga Bermanfaat ^_^

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar